Friday 31 March 2017

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Tentang Progamming

1. Mengembangkan Cara Berpikir Logis

Mengembangkan Cara Berpikir Logis
Pemrograman sangat erat kaitannya dengan logika. Bisa dibilang, kamu tidak akan bisa membuat program komputer tanpa menggunakan logika. Karena itulah, logika pemrograman menjadi materi yang harus dikuasai sebelum bisa membuat program.
Materi logika ini banyak berhubungan dengan matematika. Namun logika yang dipelajari tak hanya bisa kamu gunakan dalam membuat program saja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Melatih Ketelitian

Melatih Ketelitian
Dalam pemrograman, kamu akan dituntut untuk teliti dari hal yang paling sederhana seperti dalam penulisan kode program. Setiap perintah harus ditulis dengan benar. Bahkan untuk beberapa bahasa pemrograman, penggunaan huruf besar dan kecil bisa berpengaruh pada program yang dibuat.
Jika salah ketik atau typo, dipastikan program akan error. Akan tetapi, proses menemukan error sendiri juga bisa cukup melelahkan. Kamu akan dituntut untuk teliti dalam mengamati detail. Namun dari sini jugalah kamu bisa belajar untuk lebih teliti.

3. Meningkatkan Cara Berpikir Sistematis

Meningkatkan Cara Berpikir Sistematis
Menulis kode program harus dilakukan secara berurutan. Jika urutan kode yang ditulis berantakan, bisa dipastikan program tidak akan berjalan. Kalaupun berjalan, output dari program tersebut pasti salah.
Dari sini, kamu akan belajar lebih dari sekedar bagaimana menulis kode program sesuai dengan urutannya. Kamu juga akan belajar tentang bagaimana cara berpikir secara sistematis dan terorganisasi. Kemampuan berpikir seperti ini tentu akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

4. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving
Pada dasarnya, pemrograman adalah tentang menyelesaikan suatu masalah dengan memanfaatkan teknologi komputer. Namun, sebelum kamu bisa membuat program yang bisa menyelesaikan masalah, tentunya kamu harus tahu solusi dari permasalahan tersebut terlebih dahulu.
Seorang programer memang dituntut untuk kritis terhadap masalah dan aktif dalam mencari solusi pemecahannya. Kemampuan seperti ini tak hanya bermanfaat dalam membuat program saja. Dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan problem solving juga akan membantumu menemukan solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi.

Source : JalanTikus.com

0 Komentar:

Post a Comment

Updates Via E-Mail

Popular Posts